Selasa, 06 November 2012

perubahan iklim pemanasan global

perubahan iklim pemanasan global


perubahan iklim menjadi sebuah trend tersendiri pada berbagai kalangan hingga hari ini. mulai dari kelompok pelajar yang ditugasi oleh gurunya untuk mencari pengetahuan tentang perubahan iklim, hingga sekelompok mahasiswa yang membuat talkshow sederhana tentang perubahan iklim.
katanya, perubahan iklim diakibatkan oleh pemanasan global. saat lapisan ozon semakin menipis, dan meningkatnya gas rumah kaca di atmosfer, maka panas matahari terkurung dalam lapisan permukaan bumi. suhu permukaan bumi pun meningkat. maka kemudian, terjadi pencairan es di kutub dan berbagai puncak dunia, hingga menjadikan permukaan air laut meninggi.
lalu, bagaimana dengan kejadian banjir dan kekeringan pada saat bersamaan di tempat yang tak berjauhan? apakah juga diakibatkan oleh perubahan iklim akibat pemanasan global? ataukah ini hanya menjadi sebuah fenomena yang sepertinya lebih diakibatkan oleh kondisi iklim mikro pada sebuah kawasan?
belum lagi, bahwa kemudian saat ini memang pada kondisi terdekat bumi dengan matahari, dimana hal ini menjadikan terjadina peningkatan suhu matahari yang masuk ke dalam atmosfer bumi. dan kondisi inilah yang kemudian sangat dimanfaatkan untuk menaikan isu tentang kebutuhan akan kawasan yang tetap berpepohonan, dan pertarungan diantara negara industri.
aliran dana untuk mengatasi dan mengurangi dampak perubahan iklim sangat deras mengalir. tak cukup hanya dengan sebuah mekanisme semata. tapi lebih jauh dari itu, masing-masing membangun kriteria dan prasyarat, yang kemudian dikerjakan oleh budak-budak proposal.
perubahan iklim pemanasan global, haruslah dilihat dengan lebih tenang. tanpa juga mengabaikan sebuah kondisi hilangnya lahan kehidupan akibat proyek-proyek utang atas nama pemanasan global. transaksi dilakukan, dengan dilegalisasi oleh aparat pemerintah. harus ada keberanian untuk terus mengatakan, bahwa perubahan iklim pemanasan global, hanyalah sebuah dongeng pengantar tidur di senja hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar